Skip to content

Ubuntu 8.10 Intrepid Ibex di Acer Aspire 4520

Selasa, Desember 23, 2008

Beberapa minggu yang lalu pesanan CD Ubuntu 8.10 saya via shipit akhirnya sampai juga, tetapi baru beberapa hari yang lalu saya mencoba instal di laptop saya, Acer Aspire 4520.

Sebelumnya, Intrepid Ibex adalah OS ubuntu ke-2 yang telah saya pakai, karena sudah ada Ubuntu 7.10 yang lebih dulu menemani saya dalam belajar Linux, setelah Ubuntu 7.10 saya tidak mencoba 8.04, langsung saja saya coba 8.10 ini.!!

Berikut akan saya ceritakan pengalaman saya pada saat menginstal Intrepid Ibex di laptop saya ini :

Tidak seperti di 7.10, Ubuntu 8.10 lebih baik dalam hal mengenali hardware yang terdapat pada laptop saya, jika pada 7.10 hanya bluetooth saja yang terdeteksi, lain halnya dengan 8.10, pada 8.10 hanya VGA Card-nya saja yang tidak terdeteksi, dimana VGA Card saya menggunakan NVidia GeForce 7000M. VGA Card tidak terdeteksi? tidak masalah, coba tenggok pada

SYSTEM >> ADMINISTRATION >> HARDWARE DRIVER,

lihat disana, dalam keterangannya anda mempunyai 2 opsi driver VGA yang boleh di instal, driver versi 173 atau versi 177, dimana versi 177 direkomendasikan untuk diinstal dari pada versi 173. Lalu? segeralah instal paket tersebut, paket sudah tersedia di repositorinya, setelah diinstal maka grafik pada laptop Acer Aspire 4520 anda akan terlihat jauh lebih baik di Intrepid Ibex.

Bagaimana hardware yang lainnya? kan udh gw bilang, cma VGA doang yang harus diinstal [kayaknya . . .hihihihihi . . . .]

-Semoga Bermanfaat-

6 Komentar leave one →
  1. Selasa, Desember 23, 2008 5:09 pm

    Sebenarnya VGA tidak saja dapat diinstal melalui hardware driver untuk mempunyai koneksi internet lumayan cepat (> 1 Mbps). Driver kartu grafis NVIDIA dan ATI untuk yang kompetibel Intrepid Ibex (dan update berkalanya) telah tersedia di Ubuntu Repositories (melalui Add-Remove Programs, Canonical-supported application).

    Begitu juga dengan OpenOffice 3.0, dapat diupdate dari OpenOffice 2.4, juga instalasi Google Earth, Skype, VLC, RealPlayer di Intrepid Ibex dapat dilakukan melalui penambahan APT line di “third-party software” di Synaptic Package Manager.

    Saya sendiri menggunakan 2 distro Linux, Ubuntu 8.10 di Acer Aspire 5920G (Vista Home) dan OpenSUSE 11.1 di Asus F3AJ (XP Home Ed.). Secara umum tidak ada perbedaan, selain tampilan OpenSUSE lebih menarik. Ubuntu lebih terlihat ditujukan pengguna dengan kemampuan penggunaan Linux “post-basic level” dan akan sangat mudah untuk yang sudah terbiasa, karena cukup banyak “hint” di setiap menu Intrepid Ibex, serta performa dan stabilitas yang luar biasa dibandingkan OpenSUSE 11.1.

    Untuk instalasi dan penghapusan Intrepid Ibex bagi yang masih berpikir² dan sekedar mencoba Linux di Windows-nya, dapat menggunakan Wubi (windows ubuntu installer) yang sangat mudah digunakan untuk “dual-booting OS”.

    Selamat ber-Ubuntu ria🙂

  2. noersilo permalink*
    Selasa, Desember 23, 2008 10:21 pm

    @soemanto

    thanks buat komentarnya . . .
    semoga berguna buat temen2 disini.
    salam kenal . . .

  3. Jumat, Desember 26, 2008 4:56 am

    Kok CD shipit ku belum datang juga yaa??😦

  4. noersilo permalink*
    Jumat, Desember 26, 2008 10:34 am

    @mul14
    kenapa tuh?

  5. Kamis, Januari 29, 2009 9:24 pm

    Bukannya driver VGA yang khusus Nvidia harus download dulu dari sittusnya. dari pengalamanku kemaren sewaktu menginstall komputer teman selain membutuhkan kernel yang khusus buat nvidia juga harus menginstall driver yang telah didownload dari Nvida.com.
    Salam kenal ……

  6. Kamis, Januari 29, 2009 9:31 pm

    Menurut pengalamanku sewaktu menginstall ubuntu di laptop teman selain membutuhkan kernel yang didapatkan dari repository juga harus membutuhkan driver yang dapat didownload langsung di situs resmi nvdia. filenya bertype Nvidia….. .sh
    untuk instalisasinya sudah banyak artikel yang telah di buat…

    salam kenal dari cah_Semarang

Tinggalkan Balasan

